Kamis, 02 Agustus 2018

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tinggi Bayi Peringkat Persentil Anda?

Apakah Anda sering bertanya-tanya peringkat tinggi persentil bayi Anda berarti? Apakah Anda penasaran apakah alat ini dapat memprediksi tinggi anak Anda di masa depan? Biasanya, ketika mengunjungi kantor dokter anak, Anda sering mengamati bahwa itu adalah rutin dokter untuk mengukur tinggi badan bayi Anda, berat badan, dan lingkar kepala. Mereka juga akan memberitahu Anda tentang peringkat persentil tinggi anak Anda dan perhatikan ukuran lain pada bagan pertumbuhan.


Ketika dokter anak mencatat grafik pertumbuhan bayi Anda, mereka sebenarnya memantau tingkat pertumbuhan bayi Anda dibandingkan dengan rekan-rekan mereka. Ada juga bagan terpisah yang digunakan untuk anak laki-laki dan perempuan. Peringkat tinggi persentil berarti tinggi badan bayi Anda dibandingkan dengan survei nasional.

Sebagai contoh, jika tinggi anak Anda adalah persentil ke-90, ini berarti bahwa tinggi badannya lebih dari 90 persen anak laki-laki seusianya, dan kurang dari 10 persen anak laki-laki pada usia yang sama. Namun menurut dokter anak, yang paling penting adalah konsistensi pola laju pertumbuhan dari waktu ke waktu. Mengkhawatirkan terlalu banyak tentang peringkat persentil anak Anda tidak akan baik, masalahnya, dan harus ada pola yang konsisten dan mapan sepanjang waktu. Perlu diingat bahwa bayi yang sehat dan bergizi akan mengalami peningkatan berat badan dan tinggi badan yang dapat diprediksi. Setiap anak itu unik dan kurva pertumbuhannya bervariasi.

Peringkat persentil bayi sangat membantu bagi orang tua yang ingin membandingkan perkembangan anak mereka dengan anak-anak lain pada usia dan jenis kelamin yang sama. Ini juga akan memberi mereka gambaran apakah tinggi anak mereka berada pada kisaran normal atau tidak.

Ada juga saat-saat ketika bayi Anda akan jatuh pada low-end atau ekstrim high-end dari grafik. Ini adalah fenomena normal di mana peringkat persentil dapat jatuh di atas persentil ke-97 atau di bawah persentil ke-3. Ini sebenarnya tergantung pada beberapa faktor lingkungan seperti jika anak menjadi sakit dan banyak faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak.

Penting juga untuk dicatat bahwa berat dan tinggi persentil bayi Anda harus sama satu sama lain. Katakanlah misalnya, jika putra Anda berada di persentil ke-25 untuk tinggi, berat badan harus sekitar 10 persentil. Ini berarti putra Anda bertubuh mungil dan ukuran tubuhnya normal. Tetapi jika berat badan putra Anda adalah persentil ke-90 untuk tinggi badan dan persentil ke-10 untuk berat badan, ini dapat menyebabkan alarm bagi dokter, dan ia mungkin menyarankan Anda untuk memantau asupan nutrisi anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar